Backlink

Dasar-Dasar Tautan Balik – Dan Seberapa Baik Situs Web Menjadi Buruk Dengan Backlink

Jika Anda memiliki situs web sendiri, tidak butuh waktu lama sebelum Anda mempelajari tentang backlink. Mereka adalah alat pemasaran yang sangat penting untuk situs web – dan yang sering kurang dimanfaatkan atau disalahgunakan! Mengetahui cara mendapatkan backlink, cara kerjanya, dan bagaimana membangun backlink dengan cara yang salah dapat merusak peringkat situs web Anda adalah topik penting yang harus diketahui oleh setiap pemilik situs web.

Apa itu backlink? Mereka hanyalah tautan ke situs web Anda dari situs web lain. Seorang pengunjung di ¬†track an ip¬†situs web sedang mencari informasi, mereka mengklik tautan di situs web itu, dan itu sebenarnya adalah ‘tautan balik’ ke situs web Anda, membawa pengunjung untuk melihat halaman yang ditautkan. Semakin berkualitas, relevan, backlink alami yang mengarah ke situs Anda, semakin tinggi peringkat situs Anda oleh mesin pencari, dan semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan lalu lintas yang Anda targetkan untuk tiba di situs Anda.

Ini semua terdengar cukup mudah, tetapi Anda harus yakin bahwa Anda memahami cara mendapatkan backlink yang akan membantu Anda – bukan merugikan Anda. Kami mengatakan di paragraf terakhir bahwa backlink harus berkualitas, relevan, dan alami. Mari kita lihat ketiga persyaratan ini lebih dekat.

Tautan balik berkualitas adalah tautan yang terhubung dari situs konten berkualitas. Anda hanya menginginkan backlink dari situs yang andal dan bereputasi baik – mudah-mudahan itu juga memiliki peringkat pencarian yang tinggi di bidang topik terkait. Anda tidak ingin backlink dari situs ‘backlink farm’ – halaman web yang dihasilkan secara otomatis yang hanya mencantumkan tautan demi tautan ke situs web lain. ‘Trik’ yang pernah populer ini digunakan untuk mengelabui mesin telusur. Tapi, seperti biasa, mesin pencari akhirnya mempelajari trik ini juga, dan sekarang mereka mengabaikan situs-situs tersebut.

Sebuah backlink tidak akan berkualitas jika tidak relevan. Misalnya, jika situs web Anda tentang yoga untuk wanita hamil, Anda pasti menginginkan backlink dari situs yoga, situs kehamilan, situs kesehatan wanita, atau situs dengan topik relevan lainnya. Mesin pencari melihat bahwa backlink masuk akal – memiliki backlink dari toko perlengkapan kantor ke situs yoga Anda tidak akan relevan dan mesin pencari akan mengabaikan link tersebut atau menurunkan peringkat Anda.

Akhirnya, backlink harus alami. Ini berarti bahwa mereka dibangun dari waktu ke waktu dan dengan proses yang masuk akal. Anda tidak ingin tiba-tiba membuat lusinan tautan balik dalam jangka waktu yang sama – ini akan ditandai sebagai mencurigakan. Tapi Anda ingin secara perlahan membangun jaringan backlink berkualitas yang akan membantu pengunjung yang tepat untuk sampai ke situs Anda.

Anda bisa mulai membangun backlink dengan mencari situs yang relevan dengan website Anda sendiri. Tautan timbal balik – di mana Anda setuju untuk menautkan ke halaman jika mereka setuju untuk menautkan ke halaman Anda – adalah alat populer yang digunakan untuk bekerja dengan sangat baik. Namun, mesin telusur semakin cerdik setiap saat, dan jika Anda secara timbal balik menautkan ke situs yang tidak relevan atau berkualitas buruk, itu akan lebih merugikan Anda daripada membantu Anda. Jadi, Anda pasti dapat membuat tautan timbal balik, tetapi lakukan secara selektif – hanya jika masuk akal untuk audiens yang ditargetkan dari kedua situs.

Pemilik situs web trik lain yang pernah digunakan adalah menautkan ke situs web mereka sendiri dari salah satu situs web mereka yang lain. Masalahnya adalah mesin pencari sekarang memeriksa untuk melihat apakah backlink Anda berasal dari alamat IP yang sama dengan situs Anda. Jika Anda mencoba menggabungkan semua situs Anda hanya untuk mendapatkan backlink, Anda akan merusak peringkat Anda. Tetapi sekali lagi, jika Anda memiliki satu atau dua yang logis, alami, dan masuk akal bagi pengunjung Anda, Anda dapat membuat beberapa tautan balik di antara situs Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *